“ISO DADI
PEPELING” merupakan kepanjangan
dari ”Iman SOpan Cerdas Disiplin Prestasi BerEntrepreneur
dan Peduli Lingkungan”
- Terwujudnya peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk membentuk budi pekerti yang luhur dan mulia
- Terwujudnya kemandirian, percaya diri, cerdas, berilmu, berpengetahuan, tehnologi,trampil,prestasi dan bertanggung jawab.
- Terwujudnya peningkatan lingkungan yang sehat , asri dan kondusif.
- Terwujudnya pelayanan sekolah yang prima Berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang efektif,efisien transparan dan akuntabel.
- Terwujudnya pelulusan UPTD SMP Negeri Pagu dapat diterima di sekolah favorit di kabupaten maupun di kota Kediri.
- Terwujudnya menjuarai lomba Kompetensi Non Akademik(KNA )yaitu pengetahuan, Olahraga,Seni dan Matematika tingkat Kabupaten.
- Terwujudnya sekolah yang indah dan rindang
- Terwujudnya sekolah yang sehatTerwujudnya kepedulian terhadap lingkungan
2. Misi Sekolah
“MEWUJUDKAN IMTAQ YANG KUAT, SOPAN, BUDI PEKERTI LUHUR, BERILMU, CERDAS, DISIPLIN, BERPENGETAHUAN TEHNOLOGI,
TERAMPIL,
PRESTASI BER -ENTERPRENEUR DAN
PEDULI TERHADAP LINGKUNGANNYA"
Misi ini memiliki makna bahwa di setiap kerja komunitas
pendidikan UPTD SMP Negeri I Pagu selalu ditumbuhkan jiwa religi, disiplin
dalam etos kerja, memperkaya prestasi, intelektual dengan menerapkan teknologi
sesuai tuntutan era globalisasi.
Penjabaran
misi di atas bertujuan untuk :
a. Mewujudkan Iman dan Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk membentuk budi pekerti yang luhur dan mulia. sehingga tercipta
kematangan dalam berfikir ( tekun beribadah, jujur,disiplin, rukun,
harmonis,tenggang rasa, penuh toleransi dan peduli lingkungan) yang ditunjukkan
dalam 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)
b. Mewujudkan
warga sekolah yang taat terhadap norma yang
berlaku di keluarga, sekolah, masyarakat dan Negara.
c. Membudayakan kedisiplinan dan
etos kerja/semangat belajar yang tinggi sehingga tercapai bidang akademik dan
non akademik yang peduli
dengan lingkungan hidup.
d. Melaksanakan pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran
aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dengan memanfaatkan lingkungan hidup
sebagai media pembelajaran.
e. Menanamkan budaya entrepreneur, sehat, dan mandiri pada semua warga
sekolah
f. Mewujudkan pelayanan sekolah yang prima Berbasis Literasi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang efektif, efisien transparan dan akuntabel, sehingga menghasilkan lulusan berkwalitas secara optimal;
g. Mewujudkan sumber daya manusia yang profesional sebagai pelestari penyelamat lingkungan hidup.
h. Mewujudkan sarana prasarana representatif dan up to date yang ramah lingkungan
i. Mewujudkan penggalangan dana secara mandiri yang bermanfaat bagi lingkungan hidup.
j. Mewujudkan lingkungam sekolah yang sehat, indah, rindang, asri dan nyaman;
k. Mewujudnya sekolah yang sehat bebas dari polusi tanah, air dan udara.
f. Mewujudkan kondisi sekolah yang kondusif, peduli akan upaya pencegahan kerusakan lingkungan, pencegahan pencemaran dan pelestarian lingkungan.
f. Mewujudkan pelayanan sekolah yang prima Berbasis Literasi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang efektif, efisien transparan dan akuntabel, sehingga menghasilkan lulusan berkwalitas secara optimal;
g. Mewujudkan sumber daya manusia yang profesional sebagai pelestari penyelamat lingkungan hidup.
h. Mewujudkan sarana prasarana representatif dan up to date yang ramah lingkungan
i. Mewujudkan penggalangan dana secara mandiri yang bermanfaat bagi lingkungan hidup.
j. Mewujudkan lingkungam sekolah yang sehat, indah, rindang, asri dan nyaman;
k. Mewujudnya sekolah yang sehat bebas dari polusi tanah, air dan udara.
f. Mewujudkan kondisi sekolah yang kondusif, peduli akan upaya pencegahan kerusakan lingkungan, pencegahan pencemaran dan pelestarian lingkungan.
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu
diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan yang lebih terperinci
dan jelas.
3. Tujuan Sekolah
Tujuan Sekolah ini mengacu pada tujuan pendidikan menengah
yaitu meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Agar
lebih komunikatif dan bisa diukur maka tujuan pendidikan di UPTD SMP Negeri I
Pagu tahun pelajaran 2014/2015 sebagai berikut :
a. Dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka membentuk manusia yang berbudi pekerti yang
luhur/ berakhlak mulia
dengan cara praktek di luar jam pelajaran
Memenuhi
kelengkapan program,jadwal dan sarana prasarana untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka
membentuk manusia yang berbudi pekerti yang luhur/mulia dengan cara praktek
diluar jam pelajaran
b. Meningkatkan citra sekolah
melalui kemandirian, percayadiri, cerdas, berilmu, berpengetahuan tehnologi , terampil, berprestasi
dan bertanggungjawab terhadap budaya bangsanya.
Memenuhi partisipasi STEAK HOLDER (pemerintah dan masyarakat) yang
optimal untuk mewujudkan ketercapaian Standar Pembiayaan Sekolah.
c.
Mewujudkan lingkungan sekolah
yang sehat,asri dan kondusif guna tercapaian sistem pembelajaran yang unggul
dan efektif yang sesuai dengan Kurikulum 2013.
Memenuhi sarana prasarana
belajar yang standar dengan merenovasi, membangun dan memelihara dan menata
ruang kelas, ruang penunjang, ruang administrasi, lapangan, halaman dan taman,
serta kelengkapan peralatan, bahan agar dapat dioperasikan untuk menunjang pembelajaran secara maksimal.
d. Mewujudkan pelayanan sekolah yang prima berbasis tehnologi informasi dan
komunikasi ( TIK ) yang efektif,efisien,transparan dan akuntabel
Memenuhi pengelolaan pelayanan sekolah
di bidang ketenagaan, kurikulum, kesiswaan, keuangan dan inventarisasi
yang standar melalui aplikasi pelayanan sekolah berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK), sesuai Standar Minimal
Pendidikan ( SMP ).
e. Mewujudkan secara maksimal
pelayanan PBM yang unggul dan efektif melalui intensifikasi dan inovasi
pembelajaran berbasis IT, sehingga dapat menghantarkan siswa ke SMA/K/MAN
favorit.
Memenuhi KTSP pada kelas IX dengan kelengkapan perangkat pembelajaran
yang berstandar Nasional, proses pembelajaran dengan pendekatan PAKEM, sisten penilaian yang
berbasis TIK, serta langkah-langkah tindak lanjut yang terstruktur,dan melaksanakan kurikulum 2013 pada pembelajaran kelas VII dan kelas
VIII
f. Mewujudkan secara maksimal pengembangan potensi non akademik siswa
nmelalui program OSIS dan pembelajaran Kompetensi Non Akademik ( KNA ) dibidang
pengetahuan,olahraga, Seni dan Matematika serta kegiatan ekstrakurikuler.
Memenuhi program pembelajaran Kompetensi Non Akademin (KNA) yang tersusun dalam kurikulum yang standar, proses
yang standar, penilaian yang standar dan keberhasilan yang standar guna
memaksimalkan potensi KNA, sehingga menjuarai tingkat Kabupaten.
Tujuan sekolah tersebut secara bertahap akan
dimonitoring, dievaluasi dan dikendalikan setiap kurun waktu untuk mencapai
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Sekolah Menengah Pertama yang dibakukan secara
Nasional, dengan kriteria sebagai berikut :
a.
Memiliki kegiatan keagamaan yang aktif dan dinamis.
b.
Memiliki proses pembelajaran yang menggunakan metode dan
strategi berbasis pembelajaran kontekstual (CTL) sesuai SNP dengan menerapkan IPTEK.
c.
Mencapai standar kelulusan dan standar ketuntasan belajar
yang tinggi (perolehan rata – rata Nilai UN mencapai 7,90).
d.
Mampu menjadi juara tingkat Kabupaten dan Propinsi dalam
lomba bidang akademik :
·
Olimpiade SAINS (Matematika, IPA ,dan IPS)
·
English
Speech Contest
·
Karya
Ilmiah Remaja (KIR)
e.
Mampu menjadi juara lomba kegiatan non akademis ditingkat
Kabupaten, Propinsi, dan Nasional
f.
Memiliki pendidik dengan kualifikasi akademik minimal D-IV/
S-1 dan memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi
profesional, serta kompetensi sosial sesuai Standar Nasional Pendidikan.
g. Mendapatkan
dukungan dari orang tua/ wali peserta didik, instansi pemerintah/ swasta, dan
warga masyarakat dalam pembiayaan peningkatan mutu pendidikan dan operasional
pendidikan.
h. Memiliki penilaian
berbasis kelas sesuai SNP.
i. Memiliki budaya yang
tinggi dan etika pergaulan yang baik di antara warga sekolah, sehingga
terbentuk budaya sekolah (school culture) yang unggul.
j. Memiliki
budaya lingkungan yang sehat fisik, mental, dan sosial.
k. Memiliki data prestasi Ujian Nasional dan data alumni
yang diterima di SMA dan SMK Negeri.
Selanjutnya,
atas keputusan bersama guru dan peserta didik SKL tersebut kami rinci sebagai
berikut :
a.
Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun, berdisipilin, berbudi pekerti sebagai
cerminan akhlak mulia, beriman, dan taqwa.
b. Mampu
berbahasa Inggris secara aktif dan komunikatif.
c. Mampu
mengaktualisasi diri dalam menggunakan teknologi terapan.
d. Mampu
berpikir secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah
serta berkomunikasi melalui berbagai media.
e. Mampu
bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik di
tingkat kabupaten, propinsi, dan nasional.
f.
Sekolah
memiliki lingkungan yang indah, rindang dan sehat
g. 100% warga satuan pendidikan memiliki
kesadaran dalam melestarikan lingkungan sekolah.
h. 100% warga satuan pendidikan memiliki
kesadaran dalam mencegah terjadinya pencemaran.
i. 100% warga satuan pendidikan mempunyai
kreatifitas dalam memanfaatkan kembali, mendaur ulang barang bekas dan
menghemat/mengurangi pemakaian barang yang mencemari /merusak lingkungan.
j. 100% guru mata pelajaran mampu membuat dan
mengimplementasikan RPP yang terintegrasi lingkungan hidup.
k. 100% warga satuan pendidikan melaksanakan
berbagai kegiatan peduli lingkungan yang menjadi bagian dari pendidikan
lingkungan hidup.