VISI, MISI dan TUJUAN

ISO DADI PEPELINGmerupakan kepanjangan  dari  ”Iman SOpan Cerdas Disiplin Prestasi BerEntrepreneur dan  Peduli Lingkungan
Indikator Visi  :     
  1. Terwujudnya peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk membentuk budi pekerti yang luhur dan mulia                                
  2. Terwujudnya kemandirian, percaya  diri, cerdas, berilmu, berpengetahuan, tehnologi,trampil,prestasi dan bertanggung jawab.
  3. Terwujudnya peningkatan lingkungan yang sehat , asri dan kondusif.
  4. Terwujudnya pelayanan sekolah yang prima Berbasis teknologi  informasi dan komunikasi (TIK) yang efektif,efisien transparan dan akuntabel.
  5. Terwujudnya pelulusan UPTD SMP Negeri Pagu dapat diterima di sekolah favorit di kabupaten maupun di kota Kediri.
  6. Terwujudnya menjuarai lomba Kompetensi Non  Akademik(KNA )yaitu pengetahuan, Olahraga,Seni dan Matematika tingkat Kabupaten.
  7. Terwujudnya sekolah yang indah dan rindang
  8. Terwujudnya sekolah yang sehatTerwujudnya kepedulian terhadap lingkungan

2.   Misi Sekolah

MEWUJUDKAN IMTAQ YANG KUAT, SOPAN, BUDI PEKERTI LUHUR, BERILMU, CERDAS, DISIPLIN, BERPENGETAHUAN TEHNOLOGI, TERAMPIL, PRESTASI  BER -ENTERPRENEUR DAN PEDULI TERHADAP LINGKUNGANNYA" 
Misi ini memiliki makna bahwa di setiap kerja komunitas pendidikan UPTD SMP Negeri I Pagu selalu ditumbuhkan jiwa religi, disiplin dalam etos kerja, memperkaya prestasi, intelektual dengan menerapkan teknologi sesuai tuntutan era globalisasi.
Penjabaran misi di atas bertujuan untuk : 
a.  Mewujudkan Iman dan Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha   Esa untuk membentuk budi pekerti yang luhur dan mulia. sehingga tercipta kematangan dalam berfikir ( tekun beribadah, jujur,disiplin, rukun, harmonis,tenggang rasa, penuh toleransi dan peduli lingkungan) yang ditunjukkan dalam 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)  
b.    Mewujudkan warga sekolah yang taat terhadap norma yang berlaku di keluarga, sekolah,            masyarakat      dan Negara.
c.  Membudayakan kedisiplinan dan etos kerja/semangat belajar yang tinggi sehingga tercapai       bidang   akademik dan non akademik yang peduli dengan lingkungan hidup.                            
dMelaksanakan pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan     Menyenangkan) dengan memanfaatkan lingkungan hidup sebagai media pembelajaran.
e.    Menanamkan budaya entrepreneur, sehat, dan mandiri pada semua warga sekolah
f. Mewujudkan pelayanan sekolah yang prima Berbasis Literasi dan Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi (TIK) yang efektif, efisien transparan dan akuntabel, sehingga menghasilkan   lulusan  berkwalitas secara optimal;
g. Mewujudkan sumber daya manusia yang profesional sebagai pelestari   penyelamat       lingkungan  hidup.
h. Mewujudkan sarana prasarana representatif dan up to date yang ramah lingkungan
i.  Mewujudkan penggalangan dana secara mandiri yang bermanfaat bagi lingkungan hidup.
j.  Mewujudkan lingkungam sekolah yang sehat, indah, rindang, asri dan nyaman;
k.  Mewujudnya sekolah yang sehat bebas dari polusi tanah, air dan udara.
f. Mewujudkan kondisi sekolah yang kondusif, peduli akan upaya pencegahan kerusakan lingkungan,  pencegahan pencemaran dan pelestarian lingkungan.
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan yang lebih terperinci dan jelas.
3. Tujuan Sekolah 
Tujuan Sekolah ini mengacu pada tujuan pendidikan menengah yaitu meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Agar lebih komunikatif dan bisa diukur maka tujuan pendidikan di UPTD SMP Negeri I Pagu tahun pelajaran 2014/2015 sebagai berikut :
a. Dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka membentuk manusia yang berbudi pekerti yang luhur/ berakhlak mulia dengan cara praktek di luar jam pelajaran
Memenuhi kelengkapan program,jadwal dan sarana prasarana untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka membentuk manusia yang berbudi pekerti yang luhur/mulia dengan cara praktek diluar jam pelajaran
b. Meningkatkan citra sekolah melalui kemandirian, percayadiri, cerdas, berilmu, berpengetahuan tehnologi , terampil, berprestasi dan bertanggungjawab terhadap budaya bangsanya.
Memenuhi partisipasi  STEAK HOLDER (pemerintah dan masyarakat) yang optimal untuk mewujudkan ketercapaian Standar Pembiayaan Sekolah.     
c.  Mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat,asri dan kondusif guna tercapaian sistem pembelajaran yang unggul dan efektif yang sesuai dengan Kurikulum 2013.
Memenuhi sarana prasarana belajar yang standar dengan merenovasi, membangun dan memelihara dan menata ruang kelas, ruang penunjang, ruang administrasi, lapangan, halaman dan taman, serta kelengkapan peralatan, bahan agar dapat dioperasikan untuk menunjang  pembelajaran secara maksimal.
d.  Mewujudkan pelayanan sekolah yang prima berbasis tehnologi informasi dan komunikasi ( TIK ) yang efektif,efisien,transparan dan akuntabel
Memenuhi pengelolaan pelayanan sekolah  di bidang ketenagaan, kurikulum, kesiswaan, keuangan dan inventarisasi yang standar melalui aplikasi pelayanan sekolah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sesuai Standar Minimal Pendidikan ( SMP ).
e. Mewujudkan secara maksimal pelayanan PBM yang unggul dan efektif melalui intensifikasi dan inovasi pembelajaran berbasis IT, sehingga dapat menghantarkan siswa ke SMA/K/MAN favorit.
    Memenuhi KTSP pada kelas IX dengan kelengkapan perangkat pembelajaran yang berstandar Nasional, proses pembelajaran dengan  pendekatan PAKEM, sisten penilaian yang berbasis TIK, serta langkah-langkah tindak lanjut yang terstruktur,dan melaksanakan kurikulum 2013 pada pembelajaran kelas VII dan kelas VIII
f.  Mewujudkan secara maksimal pengembangan potensi non akademik siswa nmelalui program OSIS dan pembelajaran Kompetensi Non Akademik ( KNA ) dibidang pengetahuan,olahraga, Seni dan Matematika serta kegiatan ekstrakurikuler.
    Memenuhi program pembelajaran Kompetensi Non Akademin (KNA) yang  tersusun dalam kurikulum yang standar, proses yang standar, penilaian yang standar dan keberhasilan yang standar guna memaksimalkan potensi KNA, sehingga menjuarai tingkat Kabupaten.
Tujuan sekolah tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi dan dikendalikan setiap kurun waktu untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Sekolah Menengah Pertama yang dibakukan secara Nasional, dengan kriteria sebagai berikut :
a.     Memiliki kegiatan keagamaan yang aktif dan dinamis.
b.     Memiliki proses pembelajaran yang menggunakan metode dan strategi berbasis pembelajaran kontekstual (CTL) sesuai  SNP dengan menerapkan IPTEK.
c.     Mencapai standar kelulusan dan standar ketuntasan belajar yang tinggi (perolehan rata – rata Nilai UN mencapai 7,90).
d.     Mampu menjadi juara tingkat Kabupaten dan Propinsi dalam lomba  bidang akademik :
·         Olimpiade SAINS (Matematika, IPA ,dan IPS)
·         English Speech Contest
·         Karya Ilmiah Remaja (KIR)
e.  Mampu menjadi juara lomba kegiatan non akademis ditingkat Kabupaten, Propinsi, dan Nasional
f.   Memiliki pendidik dengan kualifikasi akademik minimal D-IV/ S-1 dan memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, serta kompetensi sosial sesuai Standar Nasional Pendidikan.
g. Mendapatkan dukungan dari orang tua/ wali peserta didik, instansi pemerintah/ swasta, dan warga masyarakat dalam pembiayaan peningkatan mutu pendidikan dan operasional pendidikan.
h. Memiliki penilaian berbasis kelas sesuai  SNP.
i. Memiliki budaya yang tinggi dan etika pergaulan yang baik di antara warga sekolah, sehingga terbentuk budaya sekolah (school culture) yang unggul.
j. Memiliki budaya lingkungan yang sehat fisik, mental, dan sosial.
k. Memiliki data prestasi Ujian Nasional dan data alumni yang diterima di SMA dan SMK Negeri.
Selanjutnya, atas keputusan bersama guru dan peserta didik SKL tersebut kami rinci sebagai berikut :
a.  Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun,  berdisipilin, berbudi pekerti sebagai cerminan akhlak mulia, beriman, dan taqwa.
b.  Mampu berbahasa Inggris secara aktif dan komunikatif.
c.   Mampu mengaktualisasi diri dalam menggunakan teknologi terapan.  
d.  Mampu berpikir secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah serta berkomunikasi melalui berbagai media.
e.  Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik di tingkat kabupaten, propinsi, dan nasional.
f.     Sekolah memiliki lingkungan yang indah, rindang dan sehat
g.  100% warga satuan pendidikan memiliki kesadaran dalam melestarikan lingkungan sekolah.
h.  100% warga satuan pendidikan memiliki kesadaran dalam mencegah terjadinya pencemaran.
i.    100% warga satuan pendidikan mempunyai kreatifitas dalam memanfaatkan kembali, mendaur ulang barang bekas dan menghemat/mengurangi pemakaian barang yang mencemari /merusak lingkungan.
j. 100% guru mata pelajaran mampu membuat dan mengimplementasikan RPP yang terintegrasi lingkungan hidup.

k.  100% warga satuan pendidikan melaksanakan berbagai kegiatan peduli lingkungan yang menjadi bagian dari pendidikan lingkungan hidup.